English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Permasalahan Stres Seseorang Yang Dialaminya

Semakin beratnya beban hidup akan mendorong terjadinya stress.
Beban hidup adalah sebuah bebab yang diangkat oleh seseorang dalam tuntutan kemauan seseorang untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.

Stres adalah proses kerusakan saraf seseorang yang disebabkan karena beban perasaan, pikiran yang sangat berat yang melebihi dari kemampuan daya seseorang dalam mengangkat beban tersebut. Penulis memiliki pendapat tersebut di atas , karena penulis mengamati situasi pada jaman dahulu (sebelum maju), dengan jaman sekarang (sesudah maju)

a. Pada jaman sebelum maju(dahulu).

Orang memenuhi kebutuhannya sangat santai
Contoh: Misalkan rumah jaman dahulu sangat sederhana ,yang penting pada waktu hujan tidak kehujanan, pada waktu panas tidak kepanasan. Perlengkapan alat rumah tangga sangat sederhana. Perlengkapan alat dapur sangat sederhana,. Semuanya dibuat dengan bahan ala kadarnya yang ada dilingkungannya seperti bambu, kayu , tempurung kelapa dan sebagainya. Dengan kesederhanaan itu , pikiran, perasaan, tenaga, santai , dirasakan enak, tentram, damai dan sejahtera hidupnya. Karena merasa telah tercukupi kebutuhannya. Kondisi masyarakat pada waktu itu mengakibatkan sedikitnya orang yang stress. Presentase orang yang stress tidak mencapai I %, malah bisa dikatakan 0 %.

b. Pada jaman maju(jaman sekarang).

Orang dalam memenuhi kebutuhannya selalu bersaing dengan lingkungannya. Contoh. Tetangga memiliki rumah baik, kendaraan baik, kekayaan banyak dipandangnya selalu enak dalam menjalankan kehidupannya . Orang tetangga seperti itu , dia terpengaruh keinginannya untuk bisa seperti tetangga. Namun apa yang terjadi, kemampuan tidak ada sama sekali. Sedangkan keinginannya ingin melebihi mereka, setidak-tidaknya sama dengan mereka. Itu sebuah keinginan yang membara di hati mereka, untuk sama atau melebihinya. Sepeti itulah keinginan yang melebihi kemampuan sehingga tidak mungkin keinginan itu tercapai. Tidak tercapainya keinginan yang tinggi melebihi kemampuan akan mengakibatkan perasaan, pikiran, beban, menjadi berat atau beban yang berat bagi mereka. Beban pikiran, perasaan, kemauam , yang melebihi kemampuan akan mengakibatkan saraf bisa rusak atau dikatakan orang itu stress Sebuah contoh pada tahun 2009 adanya pemilu, banyak caleg yang tidak tercapai keinginannya. Yang akibatnya 180.000 orang mengalami gangguan jiwa dan 70.000 orang stress berat. Dan yang meninggal dunia belasan orang. Ini atas dasar dari pernyataan Menteri Penerangan ,lewat TV.


Stres bukan hanya tersebut di atas tetapi ada sebab-sebab lain seperti :

a Beban pikiran, perasaan melebihi kemampuan

b. Harus menyelesaikan keinginan yang tinggi sedangkan watu dan kemampuan tidak tersedia

  1. Selalu menyesali perbuatan yang lalu
  2. Kurang kemampuan untuk memenuhi keinginan yang tinggi yang diharapkan dsb.

Itulah semua akan membuat orang bisa stress . Nah sekarang bagaiman agar kita terhindar dari stress ?

Penulis sampaikan beberapa hal yang bisa menghindarkan stress antara lain :


    1. Apabila mempunyai keinginan, kemauan sesuaikan dengan kemampuan yang ada pada diri anda.
    2. Beban pikiran, perasaan yang akan melebihi ambang kemampuan ,cepat-cepat dibuang.
    3. Satu kali berpikir baik, langsung dikerjakan atau ditindaki. Jangan banyak berpikir sedikit dilaksanakan
    4. Jangan menyesali perbuatan yang telah lalu.
    5. Berpikir hal-hal yang kecil yang mudah dan bisa dilaksanakan, Jangan berpikir hal-hal yang besar yang tidak bisa dilaksanakan.
    6. Berdoalah kepada Tuhan Yang Maha Esa adalah sarana untuk keberhasilan
    7. Segala sesuatu itu, serahkan saja kepada Tuhan Yang Maha Esa namun jangan lupakan berusaha yang positif.

Comments :

0 komentar to “Permasalahan Stres Seseorang Yang Dialaminya”

Posting Komentar