English French German Spain Italian Dutch

Russian Portuguese Japanese Korean Arabic Chinese Simplified

Permasalahan Anak Nakal Di SekoLah Kususnya , Di Masyarakat Pada Umumnya

Kalau kita bicara tentang kenakalan anak, ini sifatnya menyeluruh dalam arti tidak hanya pada anak di SD Gejugan saja, tetapi juga di tempat-tempat lain di Indonesia.

Apakah yang mempengaruhi terjadinya kenakalan anak itu ? Penulis menyampaikan hal-hal yang mempengaruhi terhadap kenakalan anak antara lain

  1. Karena lingkungan anak
  2. Karena informasi (Radio, TV, buku-buku yang kurang baik terhadap anak, dsb).
  3. Orang tua yang kurang perhatiannya kepada anak.
  4. Pengaruh makanan /minuman yang kurang baik , yang berakibat menimbulkan gangguan fisik dan mental anak.
  5. Faktor gen atau keturunan dari orang tua.

Semuanya tersebut diatas memang dapat mempengaruhi kepada perkembangan jiwa anak. Jiwa anak tumbuh dan berkembang . Tumbuh dan berkembang ini sebetulnya dari sejak anak dikandungan ibunya. Sebuah contoh . Ibu saat mengandung, mereka selalu marah, emosional, mudah tersinggung, cemas, kegelan, banyak perasaan yang dirasakan tidak enak .

Setelah anak yang dikandung lahir, anak yang lahir itu kebanyakan memiliki sifat pemarah, mudah tersinggung, memiliki akal kurang baik, dan sebagainya. Sebaliknya di atas. Pada waktu ibu mengandung dia dalam mengandung memiliki perasaan senang, tidak pernah emosional, tidak ada beban perasaan yang beat, selalu dalam keluarga (suami istri) hubungannya keterbukaan , saling menerima dan saling memberi dari segala hal, dirasakan senang, gembira, tidak ada kecemasan, dan sebagainya. Setelah anak yang dikandung itu lahir, anak tersebut memiliki jiwa yang baik, seperti tidak pemarah, mau menerima masukan orang lain, tidak pembohong, dan sifat-sifat yang lain yang baik banyak dimiliki oleh anak tersebut.

Anak yang lahir memiliki jiwa atau watak yang baik, itu belum bisa menjamin , nanti besarnya anak memiliki jiwa dan watak yang baik. Hal itu tergantung lagi kepada :

  1. Bagaimana pendidikan dari ibunya.
  2. Bagaimana pergaulan dengan anak lingkungannya
  3. Bagaimana dilingkungan masyarakatnya.
  4. Bagaimana mendapatkan informasi dari yang dilihat , yang didengarkan( radio, TV, buku-buku, teman dekatnya, orang dekatnya, gurunya dsb).


itu semua akan membentuk jiwa anak mengarah kekedewasaan nanti. Nah bagaimana mengatasi kenakalan anak Itu ?. Penulis menyampaikan antara lain :

  1. Memberikan pendidikan kedisiplinan yang tinggi kepada anak. Contohnya . Kedisiplinan pembagian waktu:

Waktu bangun tidur harus bangun tidur

Waktu mandi harus mandi

Waktu makan harus makan

Waktu belajar harus belajar

Waktu ibadah harus ibadah dsb.

  1. Mengadakan pendekatan kepada anak Contoh Guru/Orang tua melihat anaknya/muridnya yang melakukan penyimpangan sosial , cepat cepat guru mendekati anak tersebut. Kemudian memberikan pengarahan , penjelasan , secara baik dan tidak menyinggung perasaan anak. Dalam arti guru tidak hanya mencela, tetapi memberikan penjelasan yang anak bisa menerima
  2. Memberi penjelasan kepada anak ,tentang akibat adanya penyimpangan sosial yang dilakukan anak. Contoh. Akibat anak yang mengkonsumsi narkoba. Akibatnya sangat berat bagi anak,

Orang/ anak yang mengonsumsi narkoba akan rusak sarafnya, rusak sarafnya akan linglung, akan stress, akan gila, akan tidak berguna bagi dirinya sendiri atau tidak berguna bagi yang lain dan sebagainya. Anak/orang tersebut akan mengalami penderitaan yang sangat berat dirasakan. Untuk itu jangan coba –coba melakukan itu agar kamu nanti tidak menderita.

Dengan penjelasan dan pendekatan itu , anak nakal tersebut akan menerima dengan sadar bahwa perbuatannya itu akan merugikan diri sendiri dan akan menderita hidupnya di dunia ini.

Comments :

0 komentar to “Permasalahan Anak Nakal Di SekoLah Kususnya , Di Masyarakat Pada Umumnya”

Posting Komentar